Jumat, 03 Mei 2013

PENANGANAN KESALAHAN DAN HEALT DOKUMENTASI

3. A). Jenis - Jenis Kesalahan Jenis-Jenis Kesalahan Kesalahan pengukuran dapat diklasifikasikan sebagai kesalahan acak atau kesalahansistematis, tergantung pada bagaimana pengukuran diperoleh (alat dapat menyebabkankesalahan acak dalam satu situasi dan kesalahan sistematis pada situasi yang lain). Kesalahan acak adalah fluktuasi ststistik (dalam kedua arah) pada ukuran datasebenarnya karena keterbatasan ketelitian alat pengukuran. Kesalahan acak bisadiperkirakan melalui analisis statistik dan bisa dikurangi dengan memperbanyak pengamatan (lihat standar error).Kesalahan sistematis adalah ketidakakuratan hasil secara tetap pada arah yangsama. Kesalahan ini sulit dideteksi dan tidak bisa di analisis statistik. Jikakesalahan sistematis diidentifikasi ketika mengkalibrasi lagi sebuah standar,menerapkan koreksi atau faktor koreksi untuk mengimbangi efek yang bisamengurangi ketidakseimbangan. Tidak seperti pada kesalahan acak, kesalahansistematis tidak bisa dideteksi atau dikurangi dengan meningkatkan jumlahpengamatan. Strategi kita adalah mengurangi sumber kesalahan yang kita bisa dan kemudian melacak kesalahan yang tidak bisa kita hilangkan. Hal ini berguna untuk mempelajari kesalahan yangmungkin terjadi, sehingga kita dapat mengenalinya ketika muncul.Sumber-sumber kesalahan dalam laboratorium percobaan fisika Definisi tidak lengkap ( mungkin sistematis atau acak ) – Salah satu alasan mengapa tidak mungkin membuat pengukuran yang tepat adalah karena pengukuran tidak selalu didefinisikandengan jelas. Sebagai contoh, jika dua orang yang berbeda mengukur panjang tali yang sama,mereka mungkin akan mendapatkan hasil yang berbeda karena setiap orang dapat meregangkantali dengan ketegangan yang berbeda. Cara terbaik untuk meminimalkan kesalahan definisiadalah dengan hati-hati mempertimbangkan dan menentukan kondisi yang dapat mempengaruhi pengukuran. Kegagalan memperhitungkan faktor ( biasanya sistematis ) – bagian yang paling menantangdari merancang sebuah percobaan adalah mencoba mengendalikan atau memperhitungkan semuafaktor yang mungkin kecuali satu variabel independen yang sedang dianalisa. Misalnya, andamungkin tidak sengaja mengabaikan hambatan udara ketika mengukur percepatan jatuh bebasatau anda gagal menjelaskan efek dari medan magnet bumi saat mengukur bidang magnet kecil.Cara terbaik untuk menjelaskan sumber kesalahan tersebut adalah bertukar pikiran denganteman-teman anda tentang semua faktor yang mungkin mempengaruhi hasil anda. Cara ini harusdilakukan sebelum memulai percobaan sehingga pengaturan dapat dibuat untuk menjelaskanfaktor pengacau sebelum mengambil data. Kadang- kadang koreksi dapat diterapkan pada hasilsetelah pengambilan data untuk memperhitungkan kesalahan yang tidak dapat terdeteksi. B). Petunjuk Pencegahan Kesalahan User mempunyai perbedaan kebutuhan • User support seharusnya: - Tersedia tetapi tidak mencolok - Akurat dan kuat - Konsisten dan fleksibel • Jenis-jenis user support: - Command Based Methods - Context-Sensitive Help - Tutorial Help - On-line Documentation - Intelligent Help • Merancang user support harus memperhatikan: - Presentasi - Implementasi Tipe-tipe Kesalahan (Errors): • Kesalahan Persepsi • Kesalahan Kognitif • Kesalahan Motor (Gerak) Tipe-tipe Slip: • Kesalahan Capture • Kesalahan Deskripsi • Kesalahan Data Driven • Pengaktifan Asosiatif • Hilangnya Pengaktifan • Kesalahan Mode Panduan Pencegahan Kesalahan - Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut. - Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya). - Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan. - Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama. IMK – Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi 2/8 - Mengurangi kebutuhan untuk mengetik. - Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya. - Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin. Panduan Recovery Kesalahan - Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai. - Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah. - Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan. - Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak. - Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data. - Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan. - Menyediakan beberapa kecerdasan buatan. - Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif. C). Petunjuk Memperbaiki Kesalahan "Berbuat salah adalah manusiawi," sebuah pepatah Tiongkok kuno. Ini menyiratkan bahwa kesatriapun pasti akan membuat kesalahan. Berbeda dengan orang biasa, orang yang bijaksana lebih cenderung melihat ke diri sendiri, memperbaiki kesalahan-kesalahannya, dan meningkatkan diri. Hal inilah yang menjadikan mereka agung dan bijaksana.
 Orang bijak jaman dulu menyarankan bahwa kita harus "menerima nasihat dengan senang hati." Kaisar Tang Taizong (23 Januari 599 - 10 Juli 649) adalah kaisar kedua Dinasti Tang. Nama kecilnya adalah Li Shimin, yang berarti "melayani negara dan membawa perdamaian ke masyarakat." Dari sejarah semua kaisar Tiongkok kuno, ia dikenang dapat menerima nasihat dengan sikap yang paling bijak dan lapang dada, dan ia menjadi contoh yang baik bagi kaisar berikutnya. Dia mendorong para pejabat untuk memberikan masukan kepadanya dan memaafkan orang-orang yang mengkritik dia tanpa alasan. Ketika para bawahannya menyampaikan pendapat mereka atau menunjukkan kesalahan-kesalahannya, ia dengan tulus menjawab, "Apa yang Anda katakan masuk akal. Saat itu aku berpikir ceroboh." Ketika orang mengkritik Kaisar Tang Taizong tanpa alasan, beberapa pejabat menyarankan agar ia menghukumnya. Tang Taizong menjawab, "Aku tidak bisa melakukan itu. Jika aku menghukum mereka, tak akan ada yang berani lagi menunjukkan kesalahan saya." Karena Dinasti Tang memiliki kaisar bijaksana dan banyak pejabat jujur dan lurus, pemerintahannya tidak korup, maka negara stabil dan damai, dan masyarakat hidup damai. Itu adalah era makmur bagi Dinasti tersebut.

 Saat memberikan atau menerima saran, seseorang harus melakukannya tanpa rasa takut, demi kebaikan bagi rakyat diatas segalanya. Qi Xuanwang (sekitar 350-301 SM) adalah raja dari salah satu dari Tujuh Negara Berperang. Suatu kali ia memerintahkan agar istana direnovasi. Setelah mengerjakan hampir tiga tahun belum juga selesai, tetapi tidak seorang pejabatpun memberikan nasihat kepada raja. Seorang kesatria bernama Chun Ju khawatir bahwa keterlambatan pembangunan dapat menguras sumber daya negara. Dia mempertaruhkan hidupnya untuk memberikan nasihat kepada Raja Qi dan berkata, "Jika seorang raja suatu bangsa tidak mempertimbangkan kemampuan rakyatnya untuk bersabar, apakah ia raja yang baik?" Raja Qi menjawab, "Tidak, itu bukan raja yang baik." Chun Ju mengajukan pertanyaan lain, "Anda sekarang membangun kembali istana yang besar diatas lahan seratus hektar lebih, dengan tiga ratus pintu gerbang. Sebuah negara sebesar Qi bahkan tidak dapat menyelesaikan renovasi sebuah istana dalam tiga tahun, dan tidak ada pejabat yang berani memberikan nasihat. Apakah Yang Mulia benar-benar memiliki pejabat? " Raja Qi ragu-ragu sejenak dan menjawab, "Tidak, aku tidak punya." Chun Ju mohon diri, lalu berbalik dan pergi. Raja Qi tiba-tiba mengerti, ia segera bangun dan berseru, "Tuan Chun, mohon kembalilah! Mengapa Anda membutuhkan waktu begitu lama untuk menasihati saya? Saya segera memerintahkan untuk menghentikan pembangunan." Dia kemudian mengatakan kepada pejabatnya, "Tolong catat ini dalam catatan sejarah negara bahwa saya ingin merenovasi istana dan saya tidak berbudi luhur. Saat itu Tuan Chun yang mengingatkan saya." Supaya dapat memperbaiki kesalahan dan meningkatkan diri, seseorang harus memiliki hati yang lapang dan pikiran terbuka. Pada pemerintahan Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing (1661-1722 M), Zhang Ying adalah seorang pejabat di Istana Wenhua dan Sekretaris Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Zhang Ying bertetangga dengan keluarga terpandang Ye. Pada suatu saat, mereka berselisih tentang tembok halaman. Istri Zhang Ying segera mengirim surat kepada suaminya yang bekerja di istana. Setelah membaca surat itu, Zhang Ying membalas surat istrinya: "Kau menulis surat dari ribuan kilometer jauhnya tentang sebuah tembok. Tidak ada salahnya untuk mundur tiga meter. Ingatlah kalimat ini: “Tembok besar China masih berdiri, tetapi Kaisar Qin sudah tiada." Nyonya Zhang mengerti maksud suaminya dan memerintahkan para pekerja untuk membangun tembok mundur tiga meter. Keluarga Ye sangat tersentuh dan membangun tembok mundur tiga meter juga. Akhirnya kedua keluarga menjadi tetangga harmonis.

 Sesungguhnya, ketika seseorang mampu mengoreksi kesalahannya dan memperbaiki diri, ia benar-benar bertanggung jawab atas hidupnya sendiri. Untuk dapat mencapai itu, kita tidak perlu putus asa karena telah melakukan sebuah kesalahan. Jauh lebih buruk jika menyembunyikannya. Orang harus ingat untuk mengikuti dan melaksanakan prinsip-prinsip memperbaiki diri sendiri setiap saat dalam segala keadaan. Bagi mereka yang telah melakukan kesalahan serius, pengaruhnya bahkan sangat besar. Pepatah kuno mengatakan: "Tidak peduli seberapa besar prestasi yang telah dicapai, tidak sebanding dengan satu ons membual. Tak peduli seberapa serius kejahatan yang telah dilakukannya, tidak dapat dibandingkan rasa penyesalan." Setelah seseorang memiliki rasa malu dan penyesalan, itu adalah tanda kebijaksanaan. Sebaliknya, jika seseorang terus saja membual, tidak mampu keluar dari "diri sendiri" dan "egoisme", sehingga terus mencari pembenaran atas perilakunya, maka ia pasti akan kehilangan teman dan akan menuai apa yang ia tabur. D). jenis dokumen dan alat bantu • Dokumen adalah organisasi informasi yang dapat berisi teks, gambar, dan sebagainya. • Alat – alat bantu pencarian informasi dalam dokumen antara lain : - indeks : daftar penulis, daftar judul, daftar tabel, daftar gambar, daftar kata-kata kunci, dll - konkordansi : daftar kata – kata dengan penunjuk ke baris tertentu yang memunculkannya - thesaurus : daftar sinonim dan istilah – istilah yang lebih luas maupun lebih sempit - daftar isi : isi dokumen secara garis besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar