Kamis, 18 April 2013
interaksi manusia dan komputer ( Tugas 1 )
1).
A INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
A.Ruang Lingkup Mata Kuliah
Bidang ilmu Interaksi Manusia dan Komputer
“ ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain dan mengimplementasikan sisitem computer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah”.
Definisi Interaksi Manusia dan Komputer
“ sebuah hubungan antara manusia yang mempunyai karakterisitik untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah system yang menggunakan anatarmua (interface)”.
Menurut ACM SIGCHI, 1992
Iteraksi manusia dan computer adalah “perihal membentuk menilai dan mengimplementasikan system computer secara interaktif untuk kegunaan manusia dan dengan membahas tentang fenomena yang terlibat dengan aktifitasnya”.
Interaksi manusia dan Kompueter merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari desain, evaluasi dan implementasi dari sisitem computer interaktif untuk digunakan manusia.
Definisi Antarmuka Manusia dan Komputer yaitu Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan computer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer.
•Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu :
-Bagian Antarmuka
-Bagian aplikasi
•Media anatarmuka manusia dan computer terbagi menjadi 2 yaitu :
a.Media tekstual adalah bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan computer yang hanya bersi teks dan kurang menarik.
b.Media GUI (Graphical User Interface) adalah bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan computer yang berbentuk grafis dan sangat interaktif.
Elemen penunjang IMK
1.Ergonomi.
Merupakan bidang ilmu yg menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Sehingga muncul istilah Man Machine Interface (MMI).
2.Faktor Manusia (human factor)
Meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat2 teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugasnya.
3.Informasi dan Teknologi (IT)
Ilmu yg membahas teknologi dan memperhatikan manajemen dan manipulasi informasi
Interaksi Manusia – Mesin + Informasi dan Teknologi = Interaksi Manusia dan Komputer
IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem interaktif dalam konteks tugas dan pekerjaan user. Dalam lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, user adalah individual user, sekelompok user yang bekerja bersama, atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi, masing-masing menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feedbak) dan kontrol selama pelaksanaan tugas/kerja. Komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau proses batch.
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Denagn kata lain, para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang ia rancang dapat mempunyai sifat yang akrab dan ramah dengan penggunanya.
Mekanisme interaksi antara user dengan paket word processing yang banyak digunakan, umumnya berbasis menu dan dikelompokkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu tersebut. Misalnya, pilihan “Save” dan “Delete” diklasifikasikan sebagai “Operasi file” berada dalam satu kelompok yang sama. Jika user kurang teliti atau tidak sengaja terpilih “Delete” padahal yang dimaskud adalah “Save”, maka akibatnya bisa ditebak. Apalagi ditambah dengan tidak adanya dialog/mekanisme konfirmasi pelaksanaan proses “Delete” atau buruknya desain mekanisme tersebut. Walaupun, akibat dari kesalahan tersebut tidaklah fatal, namun hal ini dapat merugikan bagi user.
Komputer dan peralatan terkait lainnya harus dirancang dengan pemahaman bahwa penggunanya memiliki tujuan atau tugas khusus dan ingin menggunakannya sesuai dengan karakteristik tugas yang akan diselesaikan tersebut. Agar dapat terpenuhi, perancang sistem perlu mengetahui bagaimana bepikir dalam lingkup tugas user yang sesungguhnya dan menerjemahkannya kedalam sistem.
Tidak mudah merancang sistem yang konsisten dan handal yang dapat mengantisipasi semua ketidaktelitian user. Interface bukanlah aspek yang dapat dibuat pada saat akhir, desainnya merupakan satu kesatuan dengan keseluruhan sistem. Desainer tidak hanya memberikan “tampilan” yang “cantik” namun juga harus dapat mendukung pekerjaan yang dilakukan oleh user dan dibuat menghindari kesalahan-kesalahan kecil.
B.Siapa saja yang terlibat dalam IMK
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Designer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian diberbagai bidang seperti :
1.Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
2.Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.
3.Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
4.Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
5.Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
6.Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
7.Technical writing agar mampu membuat manual.
8.Dan lain-lain.
C.Konsep Dasar
Prinsip kerja komputer pada dasarnya adalah masukan (input), proses (process), keluaran (output). Komputer diberikan data masukan, yang biasanya berupa angka maupun deretan karakter, yang kemudian akan diolah (diproses) oleh komputer menjadi keluaran yang diinginkan atau diharapkan penggguna. Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu. Cara umum yang digunakan adalah bahwa pengguna memberikan suatu perintah kepada komputer, dan komputer menanggapinya dengan mencetak atau menuliskan tanggapan itu pada layar tampilan.
Secara umum ada 4 (empat) langkah dalam siklus interaktif, masing-masing dihubungkan ke perubahan antar komponen.
Beberapa cara lain user berkomunikasi dengan sistem, salah satunya adalah batch, yaitu user menyiapkan semua informasi ke komputer dengan meninggalkan mesin untuk menyelesaikan tugas (tidak mendukung banyak tugas). Hal yang berbeda adalah direct manipulation dan Virtual Reality, user secara teratur disiapkan dengan instruksi dan menerima feedback (interaktif).
The Human (Manusia = User)
Terbatas dalam kapasitas memproses informasi; implikasi untuk desain
Informasi pada manusia
•Diterima dan direspon melalui saluran (channel) input/output
•Disimpan di memory
•Diproses dan diaplikasikan
Komputer
Terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user
Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks gambar, dan memilih obyek pada layar
Perlatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara
Output dan input dalam bentuk kertas
Interaksi
Model interaksi membantu untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antara user dan system. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan system
Ergonomic mencakup karakter fisik interaksi
Dialog antara user dalam system dipengaruhi oleh gaya interaksi
Interaksi terjadi pada konteks social dan organisasi mempengaruhi user dan system.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar